Deskripsi Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Komputer Mahasiswa Agribisnis Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018

Keywords: nilai, hasil belajar, ex-post facto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, yang dilakukan untuk meneliti variabel atau peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang melalui data tersebut untuk menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya peristiwa yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah population sampling, yakni populasi sekaligus sebagai sampel. Jumlah sampelnya adalah 153 orang mahasiswa pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo yang memprogramkan dan mengikuti mata kuliah pengetahuan komputer. Seratus empat puluh satu mahasiswa lulus dalam mata kuliah ini. Kelas 2A lebih banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai A dibanding mahasiswa di kelas lainnya. Pada tujuh kategori penilaian, mahasiswa kelas 2A mendapatkan ketujuh nilai tersebut. Kelas 2B lebih banyak mahasiswanya yang mendapatkan nilai B dibanding nilai dan kelas lain. Tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai C dan D di kelas 2B. Kelas 2C tidak memperlihatkan unjuk kerja dominan dalam penilaian. Semua kategori nilai didapatkan dan pada nilai A, mahasiswa kelas 2C memperlihatkan unjuk kerja yang negatif, yakni paling sedikit mahasiswa yang memperolehnya. Kelas 2D merupakan kelas dengan mahasiswa yang terbanyak mendapatkan nilai E dan tidak ada satupun mahasiswanya mendapatkan nilai D.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, N. (2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2019-05-22
How to Cite
Zahir, A., & Jusrianto, J. (2019). Deskripsi Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Komputer Mahasiswa Agribisnis Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 65-75. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1351
Section
Educational Management, Research, & Evaluation