Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Melalui Metode Keterampilan Meniru Obyek Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo

  • Hadiana Hadiana SMP Negeri 3 Palopo
Keywords: keterampilan, gambar, meniru obyek

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran keterampilan (seni rupa) menggunakan melalui metode keterampilan meniru obyek gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa dalam diskusi dan menyelesaikan tugas-tugasnya, tampak bahwa metode meniru belajar mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas lebih menggairahkan keinginan siswa dalam melakukan diskusi. Dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih senang dan menarik karena mereka harus tanpa berpikir lebih dahulu baru dapat mengerjakan tugas dan seperti dengan rela untuk mengerjakan tugas dalam menyimak yang secara teori kurang mereka mengerti. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena nilai siswa mengalami peningkatan. Sesuai dengan hasil analisis, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 74,06 menjadi 90,75, daya serap mengalami peningkatan dari 74,06% menjadi 90,75% dan ketuntasan terjadi secara maksimal sebesar 100% pada siklus I dan II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Shuardjono, & Supriadi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar; Badan Penerbit UNM.

Herwono. (2005). Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontestual. Bandung: MLC.

Maman. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Fakultas Teknik UNM. Program Peningkatan Kualifikasi Guru SMP.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta; PT. Gramedia Widiasaran Indonesia.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2019-05-22
How to Cite
Hadiana, H. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Melalui Metode Keterampilan Meniru Obyek Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 139-151. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1360
Section
Arts & Cultural Education