Komitmen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Palopo

  • Kartini Kartini SMP Negeri 3 Palopo
Keywords: kepala sekolah, komitmen kebijakan, perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, supervisi

Abstract

Studi ini menelaah komitmen kepala sekolah dalam mengimplementasi kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Palopo, Kota Palopo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui komitmen kepemimpinan kepala sekolah dalam hal perencanaan, pengorganisasian, supervise, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru di SMP Negeri 3 Palopo sebanyak 20 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rata-rata. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komitmen kepemimpinn kepala sekolah mampu terlaksanakan. Hal ini dibuktikan oleh penilaian guru yang cenderung baik. Begitu pula dengan kemampuan pengorganisasian, kemampuan supervise, dan kemampuan pengawasan yang seluruhnya mampu dilaksanakan dengan baik, berdasarkan penilaian guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismunandar. (2001). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Rosdakarya

Bishop, Scott & Burroughs. (2000). Support Commitment and Employee Outcomes in a Team Environment. Journal of Management, 26(6).

Denim, S. (2002). Inovasi Pendidkan. Bandung: Pustaka Setia

Daryanto, M 2005. Administrasi Pendidkan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Kinicki, A. & Kreitner, R. (2008). Organizational Behavior: Key Concepts, Skills and Best Practices. New York: McGraw-Hill.

Scott, R. W. & Gerald F. D. (2007). Organizations and Organizing. New Jersey: Pearson Education.

Sobry S. M. (2012). Manajemen Pendidikan. Lombok: Holistica

Sugiyono. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Published
2019-05-22
How to Cite
Kartini, K. (2019). Komitmen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 51-64. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1364
Section
Educational Management, Research, & Evaluation