Penerapan Metode Presentasi Dalam Topik Deskripsi NKRI Untuk Pembelajaran PKn Bagi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo

  • Malyana Malyana SMP Negeri 3 Palopo
Keywords: presentasi, NKRI, pembelajaran PKn

Abstract

Warga negara perlu memiliki pengetahuan kewarganegaraan yang baik, memiliki keterampilan intelektual maupun partisipatif, dan pengetahuan serta keterampilan dalam membentuk suatu karakter atau watak yang mapan, sehingga menjadi sikap dan kebiasaan sehari-hari. Namun dalam kenyataan yang dihadapi dalam pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), kebanyakan guru mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa berfikir secara rasional, kritis dan kreatif, sehingga kurang mampu memahami berbagai wacana kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan memperbaiki rendahnya pemahaman siswa Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan bagi siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi. Penulis merencanakan pembelajaran dengan memilih materi pembelajaran tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode presentasi pada siklus I, skor pemahaman materi NKRI yang dicapai siswa berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,26. Pada siklus II, walaupun secara kategori tetap sama tetapi skor pemahaman materi siswa kelas meningkat sebesar 74,47. Dengan demikian disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Kerangka dasar pengembangan silabus dan sistem penilaian hasil belajar siswa SLTP berbasis Kompetensi, Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Lanjutan Pertama.

Julianti. (2002). Peningkatan pembelajaran kontekstual sebaga upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IIB SLTP Negeri 5 Sinjai Selatan. Skripsi FMIPA UNM.

Nurhadi. (2002). Proyek peningkatan mutu SLTP, Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Lanjutan Pertama.

Nurhadi, B., & Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (1895). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2019-05-22
How to Cite
Malyana, M. (2019). Penerapan Metode Presentasi Dalam Topik Deskripsi NKRI Untuk Pembelajaran PKn Bagi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 106-116. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1368
Section
Civics & Social Science Education