Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo

  • Mirnawati Mirnawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Firman Firman Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
Keywords: Teknik Clustering, Karangan Deskripsi

Abstract

Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menggambarkan dan mengamati proses belajar siswa melalui penerapan teknik clustering dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Mekanisme pelaksanaannya dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap (1) perencanaan, (2) tindakan dan pelaksanaan, (3) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu upaya memperbaiki praktik pembelajaran bahasa Indonesia agar lebih bermanfaat. Dengan demikian, guru dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelas dan cara mengatasi masalah tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo tahun pelajaran  2017/2018 dengan jumlah murid  30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik clustering dapat meningkatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Peningkatan yang dimaksud, yaitu peningkatan proses dan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan tersebut tampak pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, H., et al. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminuddin. (2003). Kemampuan Siswa Kelas V SDN 68 Cangadi Menulis Karangan Deskripsi dengan Bantuan Gambar. Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Pen¬elitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Deporter, B. & Hernacki, M. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Enre, F. A. (1994). Dasar-dasar keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Halim, A. (2004). Teknik Pengajaran Menulis. Jakarta: Djambatan.

Hernowo. (2003). Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: MLC.

Keraf, G. (2004). Argumentasi dan Deskripsi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Milles, M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (1995). Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurdjan, S., Firman, & Mirnawati. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Parera, J. S. & Tasai, S. A. (1996). Pintar Berbahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyono. (2004). KBK: Solusi atau Bencana Pendidikan.

Tolla, A. (1991). Retorika Menulis Siswa Kelas II SMAN di Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Penelitian. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Widyamartaya. (1978). Kreatif Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Published
2019-05-23
How to Cite
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Section
Elementary & Early Childhood Education